Penanaman Pohon

Penanaman pohon adalah salah satu program andalan kami

Program Penanaman Pohon

Kegiatan tanam pohon ini merupakan wujud nyata dari PT INALUM pada bangsa sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dalam mengurangi luas lahan kritis di DTA Danau Toba. Untuk mendukung program tersebut, PT INALUM juga bekerjasama dengan berbagai stakeholder seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, UPTD KPH, Satuan Tugas Penyelamatan Ekosistem Danau Toba, BPDASHL Asahan Barumun, Kelompok tani hutan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan masyarakat sekitaran Danau Toba untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan di Danau Toba.

DTA Danau Toba
Penanaman Pohon Oleh Direksi PT INALUM

Pelestarian alam menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan kehidupan di tengah berbagai tantangan seperti perubahan iklim, polusi udara dan ancaman kerusakan lainnya. Lebih dari itu, langkah menjaga lingkungan juga dapat menjadi warisan generasi mendatang dan memberikan bernilai ekonomi.

Tahun 2023 telah direalisasikan penanaman pohon seluas 370 Ha atau 185.000 bibit pohon dengan jenis tanaman kayu-kayuan 25 % dan Multi Purposes Tree Species (MPTS) 75 %.  

NoKabupatenKecamatanDesaLuas (Ha)
1KaroMerekTongging40
2DairiSilahisabunganParopo I30
3DairiSilahisabunganParopo115
4DairiSilahisabunganSilalahi II85
5HumbangPollungParsingguran II50
6HumbangBakti RajaMarbun toruan dolok12
7TaputMuaraHuta Ginjang1
8SamosirSimanindoTanjungan3
9TobaTampahanMeat10
10TobaSilaenHutagaol Sihujur20
11TobaUluanPartoruan Janji Matogu1,5
12SimalungunGirsang Pangan BolonSibagandning2,5
Total370

PT Inalum melakukan penanaman pohon di lingkungan pabrik peleburan Kuala Tanjung, kompleks perumahan pegawai Tanjung Gading dan lingkungan pabrik PT Indonesia Aluminum Alloy (IAA) pada tanggal 4 Maret 2024. Sebanyak total 2000 bibit pohon ditanam dan dipelihara agar dalam 10 tahun ke depan pohon tersebut akan memberi manfaat bagi PT Inalum dan PT IAA terutama untuk upaya penyerapan karbon di udara dan membantu kualitas udara di lingkungan perusahaan menjadi lebih segar dan nyaman.

Kegiatan penanaman dilakukan bersama-sama secara bergantian di 3 lokasi tersebut. Hadir dalam kegiatan penanaman pohon ini yaitu Bapak Dwi Yanto Soetimin selaku Kepala Grup Operasi PLTA, Ismail Midi selaku Kepala Departemen Smelting General Affair, Sunarno A. Rakino selaku Kepala Seksi Keberlangsungan Usaha dan Lingkungan PLTA, Bapak Kurnia Syahri selaku Kepala Departemen Operasi PT IAA beserta dengan tim. Dalam sambutannya disampaikan “Kegiatan penanaman ini, memang bukan tahun ini hasilnya tapi saya yakin 10-15 tahun kedepan akan bermanfaat bagi PT INALUM maupun bagi PT IAA semoga dapat tumbuh dengan baik dan membantu menjaga kualitas udara di lingkungan perusahaan”, ujar Dwi Yanto Soetimin.

Selanjutnya perawatan tanaman akan dilakukan oleh PT Inalum dan pada 3 bulan mendatang akan dilakukan pemeriksaan kondisi tanaman sehingga tanaman dapat terjamin tumbuh dengan baik.